UNDANG UNDANG KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi, atau disingkat menjadi KPK, adalah komisi di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003 untuk mengatasi, menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pada periode 2006-2011 KPK dipimpin bersama oleh 4 orang wakil ketuanya, yakni Chandra Marta Hamzah, Bibit Samad Rianto, Mochammad Jasin, dan Hayono Umar, setelah Perpu Plt. KPK ditolak oleh DPR. Pada 25 November 2010, M. Busyro Muqoddas terpilih menjadi ketua KPK setelah melalui proses pemungutan suara oleh Dewan Perwakilan Rakyat

Saat ini sedang ramai dibicarakan tentang RUU KPK. Banyak pihak yang menilai bahwa rencana perubahan undang-undang kpk ini dilakukan untuk melemahakn kinerja kpk dalam memberantas korupsi. Namun, pihaklain juga berdalih bahwa rancangan undang-undang ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja kpk. Saat ini masyarakat Indonesia sudah sangat mengandalkan keberadaan KPK sebagai badan hokum yang menindak tindak pidana korupsi. Bagaimanapun, korupsi sudah sangant merugikan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Pajak yang dibayarkan, yang seharusnya digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Usul penghentian proses pembahasan revisi pembahasan revisi undang-undang di Badan Legislasi DPR RI itu disampaikan FPKS dalam surat bernomor 367/EXT-FPKS/DPR-RI/X/2012 tanggal 3 Oktober 2012.
Dalam surat yang ditandatangani Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid dan Sekretaris Fraksi PKS KH Abdul Hakim tersebut Fraksi PKS yang sejak awal tidak menyetujui revisi Undang-Undang KPK meminta Ketua DPR RI bermusyawarah dengan pemerintah untuk mencabut usul revisi undang-undang tersebut.
“Mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan DPR untuk menghentikan proses pembahasan revisi RUU KPK ini,” kata Abdul Hakim.

Sumber : http://www.iposnews.com/2012/10/04/penolakan-revisi-uu-kpk-makin-meluas/

Iklan

Tentang iqbalpratomo

laki-laki
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s