Struktur Pasar

Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai struktur pasar, makalah ini dibuat bertujuan untuk , memudahkan pembaca dalam menyerap ilmu pengetahuan, khususnya tentang ruang lingkup yg berhubungan dengan struktur pasar.
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:

§ Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.

§ Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:

§ Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.

§ Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

§ Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.

§ Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.

§ Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.

§ Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana :

1. Jumlah produsen banyak
2. Volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian yang kecil dari volume transaksi total di pasar.
3. Produknya homogen
4. Informasi pasar sempurna
5. Mobilitas faktor produksi sempurna.

Aplikasi :

1. Produsen
2. Secara indivigual tidak dapat mempengaruhi harga,
3. Harga ditentukan oleh pasar,
4. Produsen sebagai price maker,
5. Kurva sejajar sumbu horizontal.

Dalam pasar persaingan sempurna, keputusan mengenai jumlah output perusahaan secara individual tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan untuk keputusan mengenai penentuan harga, kurva permintaan menggambarkan secara horizontal, olehkarena itu harga dianggap konstan, berapapun output yang dihasilkan. Dengan demikian maka laba total akan didapat pada saat: MR = P = MC sepanjang P > AVC.

MONOPOLI

Ciri – ciri:

1. Hanya ada satu penjual.
2. Close Substitute Output.
3. Ada halangan bagi perusahaan lain untuk memasuki.

Sebab – sebab timbulnya monopoli :

1. Penguasaan bahan mentah yang bersifat strategis.
2. Hak patent.
3. Terbatasnya pasar dibandingkan dengan skala produksi minimum.
4. Adanya lisensi dari pemerintah.

Pada monopoli maka kurva permintaan = kurva MR sehingga P = AR dengan demikian maka :

1. Keseimbangan akan terjadi bila MR = MC
2. Laba maksimal akan terjadi bila P > AR
3. BEP kan terjadi bila P = AR
4. Rugi minimal akan terjadi bila P < AR

Pasar biasanya dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis lagi diantaranya :
3. Pasar monopoli
4. Pasar oligopoly
5. Pasar monopolistik
6. Pasar duopoly

Referensi :

http://www.oc.its.ac.id/ambilfile.php?idp=1677

http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar

http://indah11108009.wordpress.com/2010/04/08/struktur-pasar/

Tentang iqbalpratomo

laki-laki
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s