Ruang Lingkup Ekonomi

1. Devinisi

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku hidup manusia dalam menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada atau terbatas untuk kebutuhannya. ilmu ekonomi telah mengembangkan metode kuantitatif untuk menganalisis fenomena ekonomi. Ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu oicos dan nomos yang berarti “one who manages the household”. Ilmu ekonomi sering di hubungkan  dengan ketidak seimbangan dengan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa.

2. MASALAH POKOK PEREKONOMIAN
          
Masalah pokoknya adalah masa kelangkaan atau kekurangan sebagai akibat dari ketidak seimbangnya antara kebutuhan masyarakat yang relatif tidak terbatas dengan faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat yang relatif terbatas. Kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat modern meliputi berbagai jenis kegiatan produksi, konsumsi dan perdagangan. Sehingga masalah ekonomi dapat dibagi tiga persoalan pokok, yaitu :
a.       Menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi.
b.       Menentukan cara barang diproduksi.
c.       Menentukan untuk siapa barang-barang diproduksi.

3. Sistem Perekonomian 

setiap masyarakat punya cara yang berbeda dalam menentukan sitem perekonomian yang akan di terapkan. Ada 3 sistem ekonomi yang telah di analisa, yaitu : 

Sistem ekonomi perencanaan pusat
Faktor produksi ini dimiliki oleh pemerintah. Melalui pemilikannya ini pemerintah melalui perencanaan pusat akan menentukan penggunaan faktor-faktor produksi yang tersedia dan alokasinya ke berbagai unit produksi.
 
Sistem pasar bebas atau Laissez-Faire
Faktor produksi ini dimiliki oleh pihak swasta, mereka mempunyai kebebasan untuk menggunakannya. Perusahaan akan berusaha untuk menggunakan secara efisien dan memberi keuntungan yang paling maksimum.  
 
Sistem ekonomi campuran 
Faktor produksi sebagian besar ditentukan oleh pasar bebas (mekanisme pasar), dan sebagian lainnya diatur dan dilakukan oleh pemerintah. Setiap sistem ekonomi tersebut menyelesaikan tiga masalah pokok dalam perekonomian yaitu : “Apa?”, “Bagaimana?”, dan untuk “Siapa?” dengan cara yang berbeda.
  
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi seperti makan dan minum.
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang harus dipenuhi supaya orang dapat hidup lebih baik, seperti mobil, motor, buku.
 
 
refrensi : 

 

Tentang iqbalpratomo

laki-laki
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ruang Lingkup Ekonomi

  1. andiny berkata:

    kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu http://www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s